Cara Cara Atasi Mata lelah di depan Komputer

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari seringkali kita dituntut untuk menggunakan komputer sebagai sarana dalam bekerja, belajar, atau sekedar bermain. Studi menunjukan bahwa ketegangan dan gangguan mata terjadi sekitar 50 hingga 90 persen oleh pengguna komputer. Jika terus menerus dibiarkan, selain kerusakan mata, hal ini dapat menyebabkan kelelahan fisik, produktivitas berkurang, serta meningkatnya kesalahan dalam bekerja (work error).
Berikut adalah 5 langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelelahan mata di depan komputer:
1. Penerangan yang Cukup
Gunakan penerangan di dalam ruangan secara tepat dimana penerangan tersebut tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Hindari cahaya berlebih yang masuk dari luar ruangan dengan cara menutup tirai. Jika memungkinkan, atur posisi monitor Anda sejajar dengan jendela, jangan menghadap atau membelakanginya. Banyak pengguna komputer yang merasa lebih nyaman saat bekerja pada penerangan yang pas.
2. Sesuaikan Tingkat Kenyamanan Monitor
Atur tampilan brightness dan contrast pada monitor Anda sehingga nyaman di mata. Sama halnya dengan penerangan, ukuran brightness jangan terlalu terang dan terlalu gelap lalu pastikan contrast monitor Anda pada level yang maksimal. Sesuaikan pula ukuran huruf dengan warna background yang tidak akan membuat Anda memicingkan mata saat membacanya. Jika perlu, ganti layar monitor Anda dengan layar LCD (flat) yang lebih nyaman di mata dan memiliki permukaan anti-reflektif. Ini berbeda dengan layar CRT (cembung) yang biasanya “berkedip” sehingga menyebabkan kelelahan mata.
3. Berkedip Lebih Sering
Langkah ini berguna untuk mencegah mata kering dan iritasi. Saat bekerja di depan komputer, Anda akan lebih jarang berkedip dari biasanya. Selain itu, air mata akan menguap lebih cepat terutama pada ruangan ber-AC dan tertutup. Anda juga dapat menggunakan tetes mata khusus sebagai pengganti air mata atau istirahatkan mata setiap 20 menit dengan cara berkedip cepat selama 10 kali kemudian tutup mata Anda selama 2 menit untuk mengembalikan kelembabannya.
4. Beristirahat untuk Melemaskan Otot
Sempatkan untuk melakukan stretching paling tidak selama 5 menit saat kelelahan mulai terasa agar otot-otot yang tegang di bagian leher, punggung dan bahu dapat relaks kembali. Berdirilah lalu regangkan lengan, kaki, leher, punggung, serta bahu atau lakukan pemijatan sementara pada bagian tubuh yang terasa sakit.
5. Gunakan Kacamata Khusus Bagi Pengguna Komputer
Untuk kenyamanan yang maksimal, pertimbangkan kembali untuk menggunakan kacamata khusus bagi penggguna komputer yang dirancang untuk menangkal radiasi penyebab kerusakan mata. Berbeda dengan lensa kacamata biasa, kacamata ini berfungsi untuk memberikan jarak pandang yang optimal ke layar monitor. Lensa kontak sebaiknya tidak digunakan dahulu saat berkomputer karena akan membuat mata semakin kering. (TR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s